USERS CENTER DESIGN ( UCD)


  • UCD adalah desain user interface yang memfokuskan usability, karakteristik user, lingkungan, tasks, dan desain workflow dari suatu interface. UCD mengikuti rangkaian metode dan teknik analisis, desain, dan evaluasi mainstream hardware, software, dan interface web.
  • Proses pada UCD merupakan proses yang berulang (iterative), dimana tahap desain dan evaluasi dibangun dari tahap awal proyek hingga tahap implementasi.
  • Tujuan UCD adalah untuk menghasilkan produk yang memiliki tingkat usability tinggi.
  • Usability Engineering
Usability engineering adalah disiplin ilmu yang membaha metode terstruktur dalam desain user interface selama proses development

  • Manfaat usability engineering
  1. Manfaat usability engineering adalah mengurangi waktu dan biaya development.
  2. Mendefinisikan user requirement, testing usability prototypes, dan performa usability di awal development secara signifikan dapat mengurangi cost untuk identifikasi dan pemecahan masalah usability dan dapat menghemat waktu software development.















Contoh .
Penerapan Teori UCD Pada Pembuatan Aplikasi Apotik “Purworedjo”



















  • Langkah-langkah yang dilakukan mengacu pada konsep UCD
  1. pengguna “duduk bersama” perancang untuk membuat rancangan wajah antarmuka
  2. pengguna menyampaikan keinginannya, dan perancang menggambar keinginan pengguna, sambil menjelaskan untung-ruginya
  3. perancang meminta pendapat pengguna tentang rancangan yang dibuatnya
  4. proses ini dilakukan secara iteratif

Melibatkan User Pada Tahap Awal Development – Kategori Produk













Mengumpulkan Informasi Mengenai User

  • Melalui pertanyaan langsung (survey) kepada beberapa calon pengguna
1. Pernah menggunakan Internet ?
a. Browser yang paling disukai
b. Bahasa yang digunakan

2. Ketertarikan model informasi

a. Dengan gambar cukup
b. Gambar dan penjelasan

3. Menanyakan harapan-harapan dari masyarakat Purworejo mengenai apotik-online


  • Menganalisa tugas-tugas yang akan dikerjakan user dan tujuan user
  1. Memilih menu-menu untuk mencari informasi
  2. Memasukkan keyword dalam mencari informasi singkat
  3. Men-click iklan-iklan
  4. Men-click host news

Umpan Balik Calon Pengguna

Menanyakan ke calon pengguna terhadap desain yang kita berikan (seperti pada gambar) :
-Jika Apotik Online seperti ini bagaimana ?
-Apa yang kurang menarik dari contoh ini ?













Melakukan Pengujian Usability yang di pandang dari :
  1. Usefullness
  2. Learnability
  3. Effectiveness
  4. attitude
Melakukan Pengujian Usability yang di pandang dari :

  • Usefullness
  1. produk memungkinkan user untuk mencapai tujuannya, dan tugas yang didesain sesuai dengan kebutuhan user.
  • Learnability
  1. dapat dipelajari dengan mudah sehingga pencari informasi tidak perlu dilatih terlebih dahulu menggunakannya, bagian sirkulasi dapat menggunakannya dengan baik dengan latihan maksimal 2 kali
  2. cara mengukur dengan observasi langsung bagi pencari informasi, dan uji coba bagi petugas Apotik
  • Effectiveness
  1. Sistem informasi dapat memberi layanan pemrosesan data secara akurat baik bagi pencari informasi, bagian pelayanan Online maupun administrator.
  2. cara mengukur, misal dengan pengolahan basisdata yang bebas error

  • Attitude
  1. pengguna merasa nyaman menggunakan sistem informasi apotik tersebut.
  2. cara mengukur dengan membangun kuesioner untuk mengungkap aspek kepuasan pengguna

sumber : http://mti.ugm.ac.id/

Comments (0)

Posting Komentar